Virus

Nah , berhubung aku baru saja mengakhiri materi bab tentang Virus, aku mau berbagi "sedikit" informasi (wkwkwk pelit amat). Karena malam ini gak ada kerja, yaudah deh daripada sangak mendingan berbagi ilmu dengan kalian :) aku bagi inti-inti nya saja ya, kalau ada yang bingung bisa search mbah google :]


1. Tiga orang ilmuwan yang secara berurutan melakukan penelitian hingga ditemukan virus adalah A. Mayer, Dmitri Iwanoski dan Martinus W. Berjerinck, yang meneliti penyakit mosaik. 

2. Struktur tubuh virus belum dapat dianggap sebagai sel tetapi berupa partikel yang disebut virion. Tubuh virus tersusun atas asam nukleat atau informasi yang membawa sifat genetika (sedikit tambahan, ini kemungkinan juga terdiri dari DNA atau RNA) yang terbungkus oleh selubung protein yaitu berupa kapsomer.

3. Ciri hidup yang dimiliki oleh virus adalah berada di dalam sel organisme lain yang hanya dapat berlangsung dalam sel inang. Prosesnya dinamakan Daur Reproduksi Virus.

4. Virus dapat mengalami dua macam siklus hidup: (1) Litik, yaitu pelekatan (virus melekat di dinding bakteri), penetrasi (DNA fage dimasukkan ke dalam sel inang), replikasi & sintesis (sel membuat komponen virus), pematangan yang berlangsung cepat (tahap penyusunan asam nukleat dan protein virus menjadi partikel virus yang utuh), tahap pemecahan (tahap partikel virus keluar dari sel inang dengan memecahkan sel tersebut). (2) Lisogenik, yaitu pelekatan (virus melekat di dinding bakteri), penetrasi (DNA fage dimasukkan ke dalam sel inang), replikasi dan sintesis (DNA fage disisipkan pada kromosom sel bakteri), tahap pematangan (Kromosom yang telah tersisipi profage mengadakan replikasi yang terjadi terus menerus selama ada pembelahan sel), tahap pelepasan (pada kasus yang jarang terjadi, profage dapat memisahkan diri dari kromosom sel bakteri untuk memasuki siklus litik).

5. Virus umumnya merugikan manusia karena menyebabkan berbagai jenis penyakit pada manusia dan beberapa virus ada yang bisa mengakibatkan kematian, meskipun begitu ada juga yang bermanfaat misalnya Virus Lamda yang berperan dalam bidang rekayasa genetika dan Virus Mu (Mutator fage) yang berguna sebagai agenmutasi.
<- Siklus reproduksi virus
-Virus adalah partikel, bukan sel (aseluler) dan hanya menunjukkan ciri kehidupan jika berada dalam makhluk hidup lain. 

-Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk belum termasuk sel.

-Virus dapat dianggap sebagai makhluk hidup karena memiliki ciri-ciri hidup. Ciri/gejala hidup yang terdapat pada virus adalah reproduksi.

-Salah satu ilmuwan yang mendorong penemuan virus adalah A.Meyer (1883) . Salah satu masalah yang mendorong A.Meyer melakukan penelitian adalah "Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?"

-Seorang ilmuwan berniat membiakkan virus untuk diteliti strukturnya . Sesuai dengan sifat virus, media yang memungkinkan virus berkembang adalah telur yang mengandung embrio

-Contoh virus yang mengalami fase litik dan lisogenik adalah fage (menurut aku , -_- kalau salah mohon diperbaiki ya , thanks)

-Virus memiliki sebuah DNA atau RNA dan selubung protein

-Reproduksi virus terdiri dari rangkaian tahap : pelekatan , penetrasi , replikasi dan sintesis , pematangan , pelepasan . 

-HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia . Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh . 

-Cara pemberian nama virus berbeda dengan pemberian nama spesies makhluk hidup lainnya . Virus diberi nama dalam bahasa Inggris dan nama virus menunjukkan gangguan yang ditimbulkannya . Berikut ini adalah virus yang tidak menyerang manusia , tobacco mozaik virus .

Kalau ada yang ingin aku tambah nanti , pasti di update :) #ngetik se ikhlas hati# wkwkwk
sumber : Yahoo Answer , Google , Buku Biologi SMA dan MA untuk Kelas X penerbit Esis , especially one source is : my hands -_- typing~~ tik tik tik~ hihihi tapi asyik kok sambil belajar ,
kalau ada salah jawaban tolong kasih tau ya :) 

10 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kirain ini postingan kunci jawaban juga macam si raja sparta bikin haha

    BalasHapus
  3. @rizki : wkwkwwk :D enak aja :p bkn lah , ini cuma sebagian jawaban dr buku tu

    BalasHapus
  4. dip, tau engga..
    aku puyeng dengerin lagu di blog ini (aku buka dua tab, jadi ngerti kan?)

    BalasHapus
  5. @yuri : wkwkwkwk stop aja lagunya -_- wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Terima kasih, jawaban ini lumayan membantu saya dalam mengerjakan soal Biologi (:

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. you're welcome chaca :D semoga bisa bermanfaat nantinya

    BalasHapus
  9. @Dipi : Dari sekolah mana lo dip ?

    BalasHapus
  10. @Panji Wibisono : Waktu gue masih nulis ini post-an, gue sekolah di SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh

    @Anonim : Terima kasih :D

    BalasHapus

 

Temen-temen Blogger