Apa itu Problem Based Learning (PBL) System ?


Ekhem-ekhem. Aku mau cerita sedikit nih tentang sistem pembelajaran yang dianut sama kampusku karena menurut aku, sistem ini sangat menarik perhatian dan bagus untuk diterapkan pada proses pembelajaran zaman sekarang. Problem Based Learning (PBL) System. Apaan tuh ?
Dari namanya aja kaenya udah pada tau kan ya ? 
Problem : Masalah
Based : Berdasarkan
Learning : Pembelajaran
System : Sistem
Yup ! Sistem Pembelajaran Berdasarkan Masalah.

Pengertian PBL dari sumber :
PBL adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah (Kamdi, 2007: 77). PBL sebagai suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.

Waduh bingung gak dengan pengertian diatas ? Hehe, intinya gini aja deh :
     PBL itu sistem pembelajaran yang digunakan oleh siswa dengan menganalisis/mempelajari masalah atau kasus nyata di kehidupan sehari-hari. Ini sih menurut aku aja pengertiannya hehehe (sok jadi narasumber).

Oke! Sekarang aku mau bahas sekilas tentang implementasi nya di kampus aku.
So, di kampus aku itu jadwal proses kuliahnya sedikit kok........sedikit lebih banyak dari jadwal presiden. :). Diantara proses-proses kuliah tersebut ada yang namanya "Kelas Tutorial", dimana sistem PBL diterapkan. Kelas Tutorial ini biasanya beranggotakan 9-12 orang/kelas dan akan diganti setiap satu semester. Jadwal kelas tutorial rutin dilakukan sebanyak 2 (dua) kali pertemuan dengan jarak antar pertemuan diselang 1 (satu) hari. Jauh hari sebelum pertemuan pertama dilakukan, kami sekelas dikasih skenario oleh Pihak PBL (Karyawan-karyawati yang mengurus sitem PBL di kampus).
This is it, the scenario ! Jangan senyum-senyum gitu dong bacanya haha, maklumin aja deh ahay~
      Nah dari skenario tersebut nanti akan dibahas permasalahan-permasalahan yang ada didalamnya, akan muncul belasan bahkan puluhan pertanyaan yang HARUS dibahas di dalam kelas tutorial. Dan untuk langkah-langkah pembahasannya akan dijelaskan lebih detail di postingan aku yang "Mengenal Langkah Seven Jumps".

Sip..sip... sekarang kenapa sistem PBL ini sangat menarik perhatianku ?
Widih, liat aja tuh skenario, mancing adrenalin banget gak ngebahasnya ? Bagi aku sih, ai way ei alias IYA bingits. Kita dipancing untuk mengetahui tentang apa yang terjadi diskenario terlebih karena kasusnya itu disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari, ada apa sih dengan si Santi ? Apa itu sistem pencernaan ? Gimana sih kok bisa ngerasa mual ? dll. Semuanya dapat dicapai dengan Belajar Mandiri. Yup! You must learn about it before you're going to discuss those things, even though in the first session you can only use your prior knowledge to discuss the scenario, but at least you have that "intelligent" image infront of the professor and your friends hahaha.

So... didalemnya itu aku ngebahas skenario dengan yg lainnya serta didampingi dosen sebagai "Tutor" artinya hanya menjadi observer dan melihat jalannya diskusi. Didalam diskusi, kami melontarkan berbagai macam pertanyaan tentang permasalah di skenario dan membahasnya satu-satu, tak jarang terjadi beda pendapat satu sama lain yang membuat jalannya diskusi semakin lebih menyenangkan dan tidak monoton. Hehehe.

Oke ! Aku rasa cukup sampe disini cerita tentang PBL di kampus ku :) Bagaimana sistem pembelajaran dikampus kalian ? Ceritain dong... pengen tau juga nih :)


1 komentar:

 

Temen-temen Blogger

Chit-Chat Asik