Okay guys! After we talked about the PBL system in the last post of mine, now we're talking about 7jumps ! Seperti yang udah aku tulis di postingan sebelumnya kalau Langkah Seven Jumps adalah langkah-langkah yang aku atau kami gunakan ketika membahas skenario dikelas tutorial. Nih postingan aku yang sebelumnya : "Apa itu Problem Based Learning (PBL) System ?"
Nah 7 langkah tersebut adalah :
- Identifikasi Istilah/KonsepAgar memahami masalah, mahasiswa perlu berusaha mencari istilah-istilah dan konsep yang belum jelas atau asing dari skenario kemudian menjelaskannya untuk menyamakan persepsi.Contohnya nih, si A mengajukan istilah "anatomi" karena menurut si A dia belum paham betul dengan istilah "anatomi", yang lain juga bisa berpendapat tentang istilah-istilah yang belum mereka pahami. Setelah istilah-istilah tersebut terkumpul dan tidak ada lagi yang ingin diajukan, sekarang saatnya membahas istilah-istilah tersebut satu-satu dengan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta diskusi. Selanjutnya menentukan konsep tentang pembahasan-pembahasan yang sekiranya akan dibahas, contohnya seperti "Sistem Pencernaan dan Endokrin".
- Identifikasi MasalahMahasiswa berusaha mencari masalah inti dan masalah tambahan dalam skenario. Disini peserta diskusi mengajukan berbagai macam pertanyaan tentang skenario tersebut. Contohnya "Apa yang terjadi pada si P ?", "Apa itu sistem pencernaan ?", dll.
- Analisa MasalahBrainstorming yaitu curah pendapat dengan menggali masalah dan berusaha menjelaskan konsep dengan menggunakan pengetahuan yang mereka kuasai sebelumnya (prior knowledge). Intinya disini kita bakal ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang udah diajukan tadi.
- StrukturisasiBerdasarkan langkah 2 dan 3 mahasiswa mengelompokkan masalah-masalah dan konsep lalu membentuk pola/skema yang sistematis dan terangkai secara logis.
- Identifikasi Tujuan BelajarMerumuskan hal-hal yang perlu dipelejari lebih lanjut secara mandiri (tutor harus memastikan tujuan belajar yang dipilih mahasiswa minimal sama dengan daftar learning objective yang telah ditetapkan kurikulum). So, pertanyaan-pertanyaan yang belum terbahas dan learning objective yang belum tercapai di sesi hari pertama akan dirumuskan dan dipelajari secara mandiri di rumah/dimana pun sebagai bahan diskusi pada sesi hari kedua.MASA BELAJAR MANDIRI (jeda satu hari) : Perpustakaan, diskusi kelompok kecil, kuliah, internet, konsultasi pakar dsb.
- Presentasi Hasil Belajar MandiriMelaporkan hasil belajar mandiri/temuan informasi terkait dengan tujuan belajar yang dirumuskan bersama langkah 5. Nah, diskusi lagi deh tuh dengan L.O. - L.O. yang sudah dipelajari dirumah atau dimanasaja.
- SistesisMenyimpulkan pengetahuan baru yang telah diperoleh
Selesai sudah ke-7 langkah tersebut.
See you guys with the next information yaw ! Viva NEO !
0 komentar:
Posting Komentar