Mengenal Langkah Seven Jumps


Okay guys! After we talked about the PBL system in the last post of mine, now we're talking about 7jumps ! Seperti yang udah aku tulis di postingan sebelumnya kalau Langkah Seven Jumps adalah langkah-langkah yang aku atau kami gunakan ketika membahas skenario dikelas tutorial. Nih postingan aku yang sebelumnya : "Apa itu Problem Based Learning (PBL) System ?" 

Nah 7 langkah tersebut adalah : 
  1. Identifikasi Istilah/Konsep
         Agar memahami masalah, mahasiswa perlu berusaha mencari istilah-istilah dan konsep yang belum jelas atau asing dari skenario kemudian menjelaskannya untuk menyamakan persepsi.
           Contohnya nih, si A mengajukan istilah "anatomi" karena menurut si A dia belum paham betul dengan istilah "anatomi", yang lain juga bisa berpendapat tentang istilah-istilah yang belum mereka pahami. Setelah istilah-istilah tersebut terkumpul dan tidak ada lagi yang ingin diajukan, sekarang saatnya membahas istilah-istilah tersebut satu-satu dengan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta diskusi. Selanjutnya menentukan konsep tentang pembahasan-pembahasan yang sekiranya akan dibahas, contohnya seperti "Sistem Pencernaan dan Endokrin".
  2. Identifikasi Masalah
            Mahasiswa berusaha mencari masalah inti dan masalah tambahan dalam skenario. Disini peserta diskusi mengajukan berbagai macam pertanyaan tentang skenario tersebut. Contohnya "Apa yang terjadi pada si P ?", "Apa itu sistem pencernaan ?", dll.
  3. Analisa Masalah
             Brainstorming yaitu curah pendapat dengan menggali masalah dan berusaha menjelaskan konsep dengan menggunakan pengetahuan yang mereka kuasai sebelumnya (prior knowledge). Intinya disini kita bakal ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang udah diajukan tadi.
  4. Strukturisasi
             Berdasarkan langkah 2 dan 3 mahasiswa mengelompokkan masalah-masalah dan konsep lalu membentuk pola/skema yang sistematis dan terangkai secara logis.
  5. Identifikasi Tujuan Belajar
             Merumuskan hal-hal yang perlu dipelejari lebih lanjut secara mandiri (tutor harus memastikan tujuan belajar yang dipilih mahasiswa minimal sama dengan daftar learning objective yang telah ditetapkan kurikulum). So, pertanyaan-pertanyaan yang belum terbahas dan learning objective yang belum tercapai di sesi hari pertama akan dirumuskan dan dipelajari secara mandiri di rumah/dimana pun sebagai bahan diskusi pada sesi hari kedua.

    MASA BELAJAR MANDIRI (jeda satu hari) : Perpustakaan, diskusi kelompok kecil, kuliah, internet, konsultasi pakar dsb.
  6. Presentasi Hasil Belajar Mandiri
             Melaporkan hasil belajar mandiri/temuan informasi terkait dengan tujuan belajar yang dirumuskan bersama langkah 5. Nah, diskusi lagi deh tuh dengan L.O. - L.O. yang sudah dipelajari dirumah atau dimanasaja.
  7. Sistesis
             Menyimpulkan pengetahuan baru yang telah diperoleh
Selesai sudah ke-7 langkah tersebut. 
See you guys with the next information yaw ! Viva NEO !

0 komentar:

Posting Komentar

 

Temen-temen Blogger